Rabu, 16 Desember 2009

resume buku "apa yang di butuhkan anak agar berhasil"

RESUME BUKU

YANG BERJUDUL : “ APA YANG DIBUTUHKAN ANAK -

ANAK AGAR BERHASIL “

PENDAHULUAN

Setiap orang ingin berhasil dalam hidupnya. Setiap orang ingin mewujudkan cita –citanya. Setiap orang ingin mendapat kebahagiaan dan ketenangan dalam menjalani aktivitas kesehariannya. Tapi kadang – kadang yang terjadi jauh panggang dari api, bukan keberhasilan yang didapat , justru keterpurukan yang terjadi. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Jawabannya pasti banyak dan berbeda tiap orangnya. Hanya satu dalam dua dan dua dalam satu yang menjadi perekat dari perbedaan yaitu kemauan dan kemampuan. Dua hal yang menjadi satu ini adalah kunci keberhasilan yang harus dimiliki setiap orang yang ingin menuju gerbang kesuksesan.

Tugas Sekolah kali ini adalah membuat Resume sebuah Buku yang dapat memotivasi siswa untuk dapat belajar dengan rajin, sehingga dapat tercapai apa yang dicita – citakan. Teori yang dikemukakan di atas, dapat dibuktikan dengan hasil Riset dari Buku yang saya pilih.

Buku yang berjudul : “ APA YANG DIBUTUHKAN ANAK – ANAK AGAR BERHASIL “ , sengaja saya pilih dengan 2 alasan :

  1. Isinya bukan hanya Teori, tapi telah dibuktikan melalui survey dan telah dipraktekkan oleh sekian juta orang serta telah mengalami revisi berdasarkan masukan dari praktisi yang benar – benar mengalami kejadian
  2. Buku ini bukan hanya ditujukan bagi Anak, tapi juga bagi Orang Tua, Sekolah, Komunitas dan Lembaga khususnya Keagamaan .

Untuk lebih mudah dalam pemaparan dan pemahaman serta memenuhi Tugas Sekolah, dalam pembahasannya akan terbagi dua yakni :

  1. Pembahasan secara Umum, mencakup semua hal yang dibutuhkan untuk keberhasilan
  2. Pembahasan secara Khusus, hanya mengenai Pembelajaran untuk Remaja sesuai kapasitas kita sebagai Pelajar sebuah SMU.

Terima kasih kepada Bapak / Ibu Guru yang telah memberikan Tugas ini kepada saya, sehingga wawasan dan pemahaman saya akan hibup dan keberhasilan dalam hidup menjadi semakin jelas dan dapat menjadi motivasi yang kuat untuk berjuang mencapai keberhasilan.

Harapan saya, kiranya Tulisan ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk Rekan- rekan sesama Pelajar dan dapat memberikan sedikit kontribusi untuk meningkatkan motivasi kita dalam belajar danmemberikan masukan berharga untuk sedikit mengubah paradigma yang keliru tentang belajar.

Kiranya kesempurnaan masih jauh, tapi tidak memupus harapan untuk dapat diterimanya Tulisan ini oleh semua orang. Semoga Alloh memudahkan jalan kita menggapai keberhasilan. Aamiin.

PENGEMBANGAN ASET – ASET

Definisi umum dari Aset – aset adalah kepemilikan atau sumber daya , karena hal – hal dalam membangun balok – balok untuk perkembangan manusia berfungsi seperti aset –aset dalam hidup seorang remaja. Nilainya semakin hari semakin bertambah dan ini menyediakan sebuah rasa aman. Sebagai sumber daya karena darinya seorang anak dapat menggali berulang – ulang. Semuanya menolong para remaja membuat keputusan – keputusan , memilih jalan- jalan positif dan tumbuh menjadi kompeten, peduli dan bertanggung jawab. Bersifat kumulatif maksudnya semakin banyak aset yang dimiliki seorang remaja, semakin baik.

Aset – aset ini terbagi menjadi 2, yaitu :

I. ASET – ASET EKSTERNAL

Ini adalah hal – hal dalam lingkungan seorang remaja ( rumah, sekolah, komunitas dan lembaga ) yang mendukung, menopang dan memampukannya, menentukan batasan –batasan dan harapan – harapan serta menggunakan waktunya secara konstruktif.

Aset – aset Eksternal adalah :

A. DUKUNGAN

Remaja perlu menerima dukungan, perhatian dan kasih sayang dari keluarga dan orang– orang lain. Mereka memerlukan organisasi – organisasi dan institusi – institusi yang menyediakan lingkungan – lingkungan yang positif dan mendukung.

Semakin banyak kasih sayang, dukungan dan kontak dengan orang dewasa yang diterima seorang remaja, semakin besar kemungkinannya ia akan tumbuh dengan sehat.

Aset – aset pendukung tersebut adalah :

  1. Dukungan Keluarga

Sebuah keluarga yang penuh kasih dan mendukung dalam keluarga, baik di rumah, di sekolah, dalam komunitas dan dalam Lembaga dan sebuah rumah yang nyaman untuk di huni..

2. Komunikasi Keluarga yang Positif

Orang Tua yang apat kamu mintai nasihat, dukungan dan diajak bicara secara mendalam satu sama lain mengenai berbagai topik dan tentang hal- hal serius.

  1. Hubungan dengan Orang Dewasa lain

Tiga atau lebih Orang Dewasa selain Orang Tuamu yang dapat kamu mintai nasihat, dukungan dan diajak bicara secara mendalam tentang hal – hal serius.

4. Lingkungan yang peduli

Para Tetangga yang mendukungmu, mendorongmu dan memperhatikanmu

5. Iklim Sekolah yang peduli

Sebuah Sekolah di mana kamu merasa didukung, didorong dan diperhatikan.

  1. Keterlibatan Orang Tua dalam Urusan Sekolah

Orang Tua yang secara aktif terlibat dalam membantumu berhasil di Sekolah. Mereka berbicara tentang Sekolahmu, kadangkala membantu dalam Tugas – tugas Sekolah dan menghadiri Acara – acara Sekolah.

B. PENGUAT

Para Remaja perlu dihargai oleh Komunitas mereka dan memiliki kesempatan – kesempatan untuk berperan serta kepada orang lain. Agar ini terjadi, mereka harus terlindung dan merasa aman.

Semakin seorang Remaja merasa dihargai dan merasa berharga, semakin besar kemungkinannya ia akan tumbuh dengan sehat.

Aset – aset Penguat tersebut adalah:

  1. Komunitas yang menghargai Remaja

Suatu Komunitas di mana kamu merasakan dan mengalami bahwa kamu dan para Remaja lainnya diterima dan dihargai.

  1. Remaja sebagai Sumber Daya

Suatu Komunitas di mana kamu dan Remaja lainnya memiliki peran – peran berguna dan hal – hal bermakna untuk dikerjakan.

  1. Pelayanan kepada Orang lain

Melayani dalam Komunitasmu selama satu jam atau lebih per minggu.

  1. Keamanan

Merasa aman di rumah, di sekolah dan dalam lingkungan pemukimanmu..

C. BATASAN - BATASAN DAN HARAPAN – HARAPAN

Para Remaja perlu mengetahui apa yang diharapkan dari mereka dan apakah aktivitas- aktivitas dan perilaku – perilaku itu “ di dalam batas “ atau “ di luar batas”.

Semakin seorang Anak memiliki batasan – batasan yang jelas dan konsisten dan harapan – harapan yang tinggi, semakin besar kemungkinannya aia akan tumbuh dengan sehat.

Aset – aset Batasan – batasan dan Harapan – harapan tersebut adalah :

  1. Batasan – batasan Keluarga

Para Orang Tua yang menetapkan Peraturan – peraturan dan Konsekuensi – konsekuensi yang jelas untuk perilakumu dan memonitor keberadaanmu.

  1. Batasan-batasan Sekolah

Sebuah Sekolah yang menetapkan peraturan-peraturan dan kosekuensi-konsekuensi yang jelas untuk perilaku para siswa.

  1. Batasan-batasan Lingkungan

Para tetangga yang melaksanakan tanggung jawab untuk memonitor perilaku orang-orang muda sepertimu.

  1. Teladan-teladan orng dewasa

Para Orang tua dan orang-orang dewasa lain yang meneladankan perilaku positif, bertanggung jawab.

  1. Pengaruh positif teman sebaya

Sahabat sahabat karib atau teman – teman yang meneladankan perilaku bertanggung jawab dan memberikan pengaruh yang baik dan berhasil di sekolah dan menjauhi perilaku-perilaku berbahaya seperti alkohol dan penggunaan obat terlarang lainya,serta yang memiliki pengaruh positif pada dirimu.

  1. Harapan – harapan yang tinggi.

Para orang tua dan para guru yang mendorongmu untuk berhasil dan berprestasi.

D. PENGGUNAAN WAKTU SECARA KONSTRUKTIF

Anak-anak muda membutuhkan kesempatan-kesempatan bertumbuh yang konstruktif dan memperkaya melalui aktivitas - aktivitas kreatif, program - program remaja, keterlibatan dalam lembaga, dan waktu berkualitas di rumah.

Semakin banyak waktu yang digunakan seorang anak bersama orang-orang dewasa yang memperhatikan yang memupuk perhatian-perhatian dan kretivitas sang anak, semkin besar kemungkinanya ia akan bertumbuh dengan sehat.

Aset-aset penggunaan waktu secara konstruktif adalah :

  1. Aktivitas-aktivitas kreatif

Untuk menggunakan 3 jam atau lebih setiap minggu dalam pelajaran-pelajaran atau latihan dalam musik, teater, atau bidang seni lainya.

  1. Program-program remaja

Untuk menggunakan 3 jam atau lebih setiap minggu dalam olah raga, klub-

Klub atau organisasi di sekolh dan atau dalam komunitas.

  1. Komunitas Religius

Untuk menggunakan 1 jam atau lebih setiap minggu dalam ibadah-ibadah religius atau berpartisipasi dalam aktivitas-aktivitas rohani di institusi religius.

  1. Waktu di rumah

Untuk meluangkan dua malam atau kurang setiap minggu untuk pergi bersama teman-teman mereka tanpa hal khusus untuk dikerjakan.

II. ASET - ASET INTERNAL

Ini adalah sikap – sikap, nilai – nilai dan kompetensi – kompetensi yang ada di dalam kepala dan hati setiap anak.

Aset – aset Internal tersebut adalah :

E. KOMITMEN UNTUK BELAJAR

Remaja perlu mengembangkan sebuah komitmen seumur hidup terhadap pendidikan dan pembelajaran.

Semakin besar komitmen seorang anak terhadap pembelajaran, semakin besar kemungkinanya ia akan bertumbuh dengan sehat.

Aset-aset komitmen untuk belajar adalah :

  1. Motivasi berprestasi

Agar termotivasi untuk berhasil dan berprestasi di sekolah

  1. Keterlibatan di sekolah

Untuk secara aktif terlibat dalam pembelajaran.

  1. Pekerjaan rumah

Untuk mengerjakan pekerjaan rumah setidaknya selama satu jam setiap hari sekolah.

  1. Ikatan terhadap sekolah

Untuk memperhatikan sekolahmu.

  1. Membaca untuk kesenangan

Menggunakan tiga jam atau lebih per minggu membaca untuk kesenangan.

F. NILAI-NILAI POSITIF

Orang muda perlu mengembangkan nilai-nilai kuat yang menuntun pilihan-pilihan mereka.

Semakin banyak seorang anak mengembangkan nilai –nilai positif yang menuntun perilakunya, semakin besar kemungkinanya ia akan mengambil pilihan-pilihan positif dan bertumbuh dengan sehat.

Aset-aset nilai-nilai positif adalah ;

  1. Kepedulian

Mempercayai bahwa menolong orang lain benar – benar penting.

  1. Kesetaraan dan keadilan social

Membantu meningkatkan kesederajatan dan mengurangi kelaparan dan kemiskinan di dunia.

  1. Integritas

Menjadi seorang yang bertindak bedasarkan keyakinan-keyakinanmu dan memegang teguh kepercayaan-kepercayaanmu.

  1. Kejujuran

Mengatakan kebenaran pada saat yang sulit sekalipun.

  1. Tanggung jawab

Menerima dan melaksanakan tanggung jawab pribadi atas tindakan-tindakan dan keputusan-keputusanmu.

  1. Penguasaan Diri

Berpantang dari aktivitas seksual sebagai seorang Remaja dan tidak menggunakan alkohol atau obat – obatan terlarang lainnya.

G. KOMPETENSI SOSIAL

Orang muda membutuhkan kemampuan-kemampuan dan kompetisi-kompetisi yang memperlengkapi mereka untuk melengkapi pilihan-pilihan positif, membangun hubungan, dan berhasil dalam hidup.

Semakin banyak kemapuan pribdi yang dimiliki seorang anak, semakin besar kemungkinnnya ia akan bertumbuh dengan sehat.

Aset-aset kompetensi sosial adalah ;

  1. Perencanaan dan pengambilan keputusan

Mengetahui dan memahami cara untuk merencanakan sebelumnya dan membuat pilihan-pilihan.

  1. Kompetensi interpersonal

Memiliki empati, sensitivitas, dan kemampuan-kemampuan persahabatan serta mengetahui cara untuk berteman dan memelihara persahabatan.

  1. Kompetensi Kultural

Untuk mengenal dan merasa nyaman di sekitar orang-orang dari latar belakang berbagai budaya, ras, dan / atau etnis yang berbeda.

  1. Keterampilan bertahan

Untuk menolak / melawan tekanan pengaruh negatif teman sebaya dan menghindari situasi – situasi berbahaya.

  1. Resolusi konflik secara damai

Untuk berusaha menyelesaikan konflik-konflik tanpa kekerasan kapan saja hal itu mungkin.

H. IDENTITAS POSITIF

Remaja membutuhkan kesadaran yang kuat akan daya, tujuan, nilai, dan janji mereka sendiri.

Semakin seorang anak memiliki kesadaran akan daya, tujuan, nilai, dan janji, ia akan semakin mungkin bertumbuh secara sehat.

Aset-aset identitas positif adalah :

  1. Daya pribadi

Merasakan bahwa kamu memiliki kendali atas banyak hal yang terjadi pada dirimu

  1. Penghargaan diri

Merasa bangga pada dirimu sendiri

  1. Kesadaran akan tujuan

Mempercayai bahwa hiupmu memiliki suatu tujuan.

  1. Pandangan positif terhadap masa depan pribadi

Merasa optimis terhadap masa depan pribadi.

TIPS UNTUK REMAJA :

BANGUNLAH ASET – ASETMU SENDIRI

Analisis hasil survey menimbulkan berbagai pertanyaan : Mengapa sebagian kita para Remaja tumbuh dengan mudah, sementara yang lainnya bergumul dalam kesulitan ? Mengapa ada sebagian terlibat dalam aktivitas berbahaya, sementara yang lainnya menggunakan waktu mereka untuk berperan serta dalam masyarakat ? Mengapa ada sebagian kita “ lolos “ dari situasi – situasi sulit, sementara yang lainnya terjebak ?

Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa sebagian kita berhasil dalam hidup dan yang lainnya mengalami masa yang lebih sulit, termasuk keadaan –keadaan ekonomi, genentik dan trauma. Faktor –faktor ini tampaknya sulit dan bahkan mustahil diubah, tetapi itu bukanlah satu – satunya yang penting.

Survey menyingkapkan bahwa perbedaan antara kita para Remaja bermasalah dengan mereka yang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif sangat dipengaruhi oleh keberadaan Aset – aset Perkembangan, seperti telah dijelaskan di atas. Ada 40 Aset Perkembangan yang merupakan hal – hal baik yang dibutuhkan setiap kita Remaja dalam hidup kita.

Berapa banyak Aset yang kita miliki, ini akan berpengaruh pada bagaimana kita berperilaku dalam hidup. Banyaknya jumlah total Aset menghasilkan perbedaan.

- Para Remaja yang memiliki lebih banyak Aset, kebih kecil kemungkinannya terlibat dalam perilaku bermasalah

- Lebih banyak Aset, berarti lebih banyak perilaku positif

- Kita dapat menjadi seorang Pembangun Aset dan bisa mulai hari ini.

Membangun Aset – aset bukanlah pekerjaan kilat. Dibutuhkan waktu dan komitmen dari pribadi – pribadi dan Komunitas serta orang Dewasa yang peduli.

Ada 6 Kunci yang perlu diingat sementara kita mulai dan terus membangun Aset – aset, yaitu :

  1. Setiap orang dapat membangun Aset.
  2. Semua Remaja membutuhkan Aset –aset
  3. Hubungan – hubungan bersifat kritis.
  4. Pembangunan Aset merupakan suatu proses yang terus berlangsung.
  5. Pesan – pesan yang konsisten itu penting.
  6. Pengulangan yang disengaja itu penting

Pembangunan Aset dimulai ketika kita lahir dan berlanjut sampai SMU dan seterusnya. Aset – aset ini harus secara terus – menerus dikukuhkan selama bertahun – tahun dan dalam semua bidang kehidupan kita seorang Remaja.

KESIMPULAN

Setelah menelaah uraian di atas, timbul pertanyaan dalam diri kita : “ Berapa banyak Aset yang sudah kita miliki ?”. Timbul keinginan kuat untuk introspeksi diri : “ Apa dan bagaimana perilaku kita selama ini ?”. Ada secercah harapan dan motivasi kuat : “ Saya harus menjalani hidup lebih baik lagi ! “.

Motivasi ini jangan hanya terpatri dalam alam fikiran, tapi harus dibuktikan di alam nyata. Ini dapat terrealisir dengan pelaksanaan dalam keseharian. Keberhasilan jangan hanya hiasan bibir, tapi menjadi denyut nadi aktivitas keseharian kita.

Yang ada di hadapan kita saat ini adalah belajar, karena kita adalah seorang Pelajar. Kita akan mempertahankan Aset – aset yang telah kita miliki dan memperjuangkan Aset – aset yang belum kita miliki. Keluarga, Sekolah dan Lingkungan sudah sangat mendukung, tinggal kemauan dan kemampuan kita untuk mewujudkan keberhasilan dalam hidup.

P E N U T U P

Alhamdulillah, selesai sudah Penulisan Resume Buku yang berjudul : “Apa yang dibutuhkan Anak – anak agar berhasil “. Banyak manfaat yang bisa diambil, baik dari segi Karya Tulis maupun dari Isi Tulisan.

Hal ini menambah wawasan dan semangat untuk terus berjuang dalam hidup agar berhasil dan berprestasi. Kiranya harapan saya pribadi, Orang Tua, Para Guru dan masyarakat yang disandangkan kepada saya, menjadi kenyataan. Aamiin.

Kesalahan bahkan kecerobohan, banyak dijumpai dalam tulisan ini. Semoga tidak mengurangi inti sari dan nilai kebenaran yang hendak diraih. Pembelajaran masih harus terus saya lakukan untuk perbaikan.

Semoga Tulisan ini dapat diambil manfaatnya oleh semua Orang yang peduli dan ingin mencapai keberhasilan. Semoga Alloh SWT. selalu membimbing kita menuju jalan yang diridhoiNya. Aamiin ya robbal ‘alamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar